Kamis, 08 November 2012

Penyakit karena alam, Indikasi dan penanganannya

A. Mountain Sickness
• Penyebab : Turunnya kadar oksigen udara pegunungan, menyebabkan turunnya kadar oksigen dalam darah dan akan berakibat langsung ke otak.
• Tanda-tandanya : Mual, muntah, haus, nafas tersengal, lemah, turun nafsu makan , pucat (kebiruan pada bibir dan kuku), pusing dan sakit kepala.
• Pertolongan : Prinsipnya, alirkan lebih banyak oksigen kedalam udara pernapasan dengan cara :
o Menggunakan tabung oksigen
o Turun Kembali ketempat yang lebih rendah
o Berusaha sendiri untuk bernafas lebih cepat dan lebih dalam (agar oksigen dapat terhisap lebih banya). Hati-hati karena dapat semakin pusing dan mual.
o Berjalan pelan-pelan, ambil istirahat dalam beberapa langkah sehingga dapat mengurangi kebutuhan akan oksigen.

B. EXPOSURE
• Adalah keadaan kelelahan fisik dan mental yang disebabkan oleh keadaan alam/lingkungan.

1. Hipotermia
a. Biasa terjadi pada keadaan basah dan berangin ditempat yang dingin ditandai dengan suhu tubuh yang menurun, rasa lelah, sulit berbicara dan pikiran yang tak terkendali.

b. Pertolongan : Perbaiki keadaan, Ganti pakaian yang basah dengan yang kering jika ada beberapa lapis, istirahat dalam kantong tidur untuk mengurangi pengeluaran panas tubuh. Beri makanan dan minuman hangat agar suhu tubuh kembali normal

2.Heat Stroke
a. Disebabkan suhu yang tinggi dengan pemasukan cairan yang kurang. Dapat terjadi karena berada ditempat yang panas dalam waktu yang lama atau karena olah raga yang mengeluarkan banyak keringat tapi tidak diimbangi dengan cairan masuk yang memadai. Adapun tanda-tandanya antara lain suhu tubuh yang meningkat tak terkendali, keringat berkurang, sangat haus, sesak nafas, sakit kepala sampai penurunan kesadaran. Umumnya didahului dehidrasi.

b. Pertolongan : Bawa ketempat teduh, lindungi dari panas matahari, dinginkan kepala dengan kompres dingin dan beri minuman yang dingin.
Jika terjadi sesuatu hal yang sangat membahayakan selain yang diatas maka korban akan segera dilaporkan ke basecamp menggunakan radio dan langsung dibawa ke camp terdekat apabila tidak sanggup menangani korban, maka korban dibawa ke rumah sakit terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar